Edukasi Bencana di Pesisir Selatan Lombok

Lombok, Radarbuana.com –  Beberapa bulan lalu, di Lombok bagian selatan tersebar kabar bahwa tsunami besar akan terjadi. Hal ini terkait dengan pemberitaan sebuah penelitian tentang adanya megathrust (patahan) yang berpotensi menimbulkan gempa dan tsunami.

Sehingga temuan tersebut kemudian menimbulkan kepanikan warga.  Tambah lagi muncul pula berbagai prediksi tsunami yang tidak jelas sumbernya, bahkan sebagian besar warga sampai mengungsi selama berhari-hari.

Untuk itu KidsUp! bekerjasama dengan BPBD Lombok mencermati fenomena ini, dan bermaksud mengadakan edukasi kebencanaan yang berfokus pada potensi gempa dan tsunami.

Event edukasi bencana diberikan kepada murid SD dan orang tua murid, dengan harapan terbentuk keluarga yang siaga.

Kami percaya jika dibekali dengan edukasi yang cukup, warga akan memiliki pengetahuan yang cukup tentang potensi bencana yang ada, dan dapat menyiapkan diri dengan lebih baik

 Belajar tentang bencana melalui permainan dan simulasi yang menyenangkan

KidsUp! adalah gerakan edukasi bencana untuk anak-anak, untuk menciptakan generasi muda yang sadar, siap, dan sigap terhadap resiko bencana di Indonesia.

Pendidikan kebencanaan dilakukan lewat sebuah event sehari. Di dalam event tersebut, terdapat pos-pos yang masing-masing mengajarkan pengetahuan dan keterampilan menghadapi bencana lewat permainan dan simulasi seru, agar pendidikan kebencanaan dapat diterima dengan mudah oleh anak-anak.

Konsep dasar pendidikan bencana yang digunakan sebagian diadaptasi dari Jepang dan Thailand. Materi disampaikan dengan menggunakan gamifikasi dan permainan kreatif yang disesuaikan dengan kearifan lokal Indonesia. Setiap pos juga didampingi oleh fasilitator yang terlatih dan ramah anak. Pada kegiatan kali ini, KidsUp! melibatkan 15 fasilitator lokal dari sekitar Lombok Selatan.

Event edukasi bencana yang diberikan dilengkapi juga dengan aneka merchandise dan toolkit berisi  informasi dan tips praktis kebencanaan yang didesain secara menarik dan khusus untuk anak-anak.

KidsUp! merupakan program yang diinisiasi oleh StarSide.id dan Kidsaster, serta didukung oleh Japan Foundation Asia Center. Nargo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *