Tiga Pilar Desa Batu Putih Pimpin Warga Lakukan Aksi Pencegahan Covid-19

Maros, Radarbuana.com – Langkah taktis upaya pencegahan penyebaran virus corona di wilayah Kecamatan Mallawa terus digalakkan sampai ke tingkat desa dan dusun. Keterpaduan pemerintah dan seluruh elemen pemuda dan lintas sektor unsur TNI/Polri  dilakukan secara massif,

Aksi pencegahan penularan virus corona di Desa Batu Putih, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros misalnya,  dimotori oleh  Kepala Desa (Kades),  Banbinsa dan Bhabinkantibmas.  Tiga pilar ini menjadi penggerak bersama para pemuda desa melakukan berbagai kegiatan,  diantaranya penyemprotan disinfektan di beberapa tempat, termasuk sarana ibadah dan sosial dan pembagian masker kepada warga.

Kades Batu Putih, Fahri.M mengatakan kegiatan upaya pencegahan penyebaran covid 19 di daerahnya ditangani secara terpadu melibatkan semua unsur. Mengingat letak geografis desa ini dilintasi jalur trans Nasional, jadi sangat rentang terjadi penyebaran virus, karena banyak warga dari luar yang biasa singgah sholat di mesjid.

Makanya, lanjut Fahri, kita fokus menyemprotan disinfelatan di area mesjid dan warung kopi yang masih buka. “Sangat kita jaga warga yang singgah, apalagi yang datang dari kota Makassar, dimana daerah itu sudah masuk zona merah,” jelasnya, Minggu (18/4/2020).

Dikatakannya juga, setelah ada himbauan dari pemerintah kabupaten, untuk melakukan isolasi mandiri, kami langsung bergerak bersama melakukan penutupan beberapa akses jalan penghubung antar desa dan dusun. Kecuali jalan trans nasional tidak mungkin kami tutup, cukup diperketat pengawasannya saja mobilisasi warga.

“Sejak mewabahnya virus ini, kami memang sangat perketat pengawasan penjagaan. Kepada warga yang mau masuk ke wilayah desa ini, semua harus melalui beberapa pemeriksaan. Dan bagi warga dari luar desa harus mengambil surat hasil pemeriksaan dari.Puskesmas,” ungkap Fahri.

Fahri juga sangat berterima kasi kepada semua pihak atas partisipasinya dalam aksi menjaga kanpung. Terutama para pemuda dengan suka rela tampa pamrih  melakukan penjagaan pintu masuk ke beberapa kampung.

“Semoga kebersamaan dan keterpaduan ini bisa terus terbina, guna memutus mata rantai penyebaran wabah virus ini, ” harap Fahri Kades Batu putih. Herman.

886 Views

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sungguh Malang Seorang Kakek Empat Hari Kelaparan Karena Ditinggal Sang Anak

Sab Apr 18 , 2020
Majalengka, Radarbuana.com –  Nasib malang yang dialami seorang kakek bernama Nurhasan, warga Sukaraja Wetan, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka. Pasalnya lantaran ditinggal oleh anaknya, diduga sampai mengalami kelaparan. Sudah empat hari lamanya, kakek berusia 80 tahun tersebut belum makan. Untungnya, ada Bhabinkamtibmas bersama Babinsa dan Aparat Desa yang bijaksana, ketika mendapat […]

Sponsor