Penerapan PSBB, Peziarah Makam Jelang Ramadhan Juga Sepi

Jakarta, Radarbuana.com – Biasanya, satu minggu menjelang Bulan Ramadhan jalan-jalan sekitar tempat pemakaman macet karena dipenuhi kendaraan dan para peziarah.

Namun tahun ini tradisi ziarah atau mengunjungi makam menjelang bulan suci Ramadan di sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) di Jakarta Selatan cenderung sepi.

Salah satunya di TPU Yayasan Makam Bunga Gandaria, di Jalan Madrasah ni. 12, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan tampak sepi. Hanya beberapa peziarah saja yang datang ke sana.

Uca, sang penjaga sekaligus petugas makam mengatakan, bahwa selama wabah virus corona (Covid-19) hanya ada beberapa peziarah saja yang datang. Itu pun hanya peziarah yang rumahnya berdekatan dengan lokasi makam saja.

“Sepi pak, enggak banyak yang datang. Paling ada puluhan orang saja. Biasanya, seminggu sebelum Ramadhan, setiap harinya ratusan peziarah pada datang,” terang Uca kepada Radarbuana.com di lokasi makam, Minggu, (19/4/2020).

Kondisi tersebut jauh berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Menurut Uca, hal ini terjadi karena dampak dari virus corona dan penerapan PSBB. Orang-orang lebih memilih tetap berada di rumah.

“Biasanya seminggu mau puasa pasti ramai peziarah Parkiran aja sampai enggak nampung. Mungkin ini karena virus corona, jadi orang pada takut keluar,” ungkap Uca.

Uca berharap wabah Corona segera berakhir, sehingga keadaan bisa kembali normal. Holly

321 Views

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dinaskertrans dan Energi Provinsi DKI Jakarta Data Buruh dan Pekerja Terdampak Covid-19

Sen Apr 20 , 2020
Jakarta. Radarbuana.com –  Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta  melakukan pendataan  bagi pekerja atau buruh yang terdampak dari wabah Covid 19. Maka bagi yang telah mengisi pendataan diminta melengkapi dan mengisi dokumen di website: www.prakerja.go.id. “Bagi warga masyarakat DKI Jakarta, yang sudah mengisi pendataan pekerja atau buruh yang […]

Sponsor