Fauzi H Amro : Himbara Bukan Regulator Tapi Objek Kebijakan, Tak Boleh Masuk Sebagai Regulator

Jakarta, Radarbuana.com – Anggota Komisi DPR RI, Fauzi H Amro menyoroti terkait lembaga yang berhak mengurusi penyangga likuiditas perbankan yang terdampak pandemi Covid-19.  Salah satunya dari Dia tidak setuju Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) mengurusi masalah likuiditas perbankan.

Pasalnya, menurut Fauzi, Himbara bukan regulator tapi objek kebijakan, mereka tak boleh masuk sebagai regulator. Ia menegaskan hal ini bertentangan dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan (PPKSK).

“Penunjukkan tersebut juga bertentangan dengan Perppu Nomor 1, Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan Negara untuk Penanganan Pandemi Covid-19 dan/atau dalam rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan,” tandasnya, melalui keterangan tertulisnya, Senin, (11/5/2020).

Lebih lanjut Fauzi memaparkan, dalam Undang-Undang tentang Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan Tahun 2016 pasal 5 dan 6 yang disahkan oleh Presiden Jokowi ini mengatur peran Komite Stabilitas Sistem Keuangan. Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) beranggotakan Menteri Keuangan, Gubernur Bank Indonesia (BI), Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, dan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

303 Views

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pria Tergeletak di Jalan Depan Mal Gandaria City Sakit Asam Lambung, Bukan Karena Covid-19

Sen Mei 11 , 2020
Jakarta, Radarbuana.com – Tersebar foto di  media sosial, seorang pria tergeletak di pinggir jalan di depan Mal Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Dalam foto yang beredar tersebut, terlihat pria meringkuk di trotoar sambil memegangi dadanya. Akan tetapi di lokasi tersebut tidak ada orang yang berani mendekati pria itu, untuk […]

Sponsor