Ketersediaan Bawang Putih Dijamin Pusbarindo Aman Hingga Pasca Lebaran

Jakarta, Radarbuana.com – Ketersediaan bawang putih hingga pasca lebaran dikatakan Perkumpulan Pelaku Usaha Bawang dan Sayuran Umbi Indonesia (Pusbarindo) dijamin aman. Untuk mencapai hal tersebut Pusbarindo terus berupaya menstabilkan harga dan pasokan bawang putih.

Untuk, Ketua Umum Pusbarindo, Valentino pun menghimbau para importir yang sudah diperoleh rekomendasi impor (RIPH) untuk segera realisasi importasi bawang putih, demi memenuhi pasokan bawang putih yang sempat kosong pada bulan Februari sampai dengan awal April lalu. “Demi menjaga ketersediaan dan kestabilan harga agar tidak memberatkan konsumen di saat lebaran,’ ujarnya, dalam keterangan tertulis, Senin (18/5/2020).

Sebelumnya bawang putih yang sempat langka dan mengakibatkan harga melonjak tinggi dalam 2 bulan terakhir, menjadi perhatian Presiden Joko Widodo yang langsung menginstruksikan Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan untuk melakukan langkah-langkah taktis menjaga ketersediaan bawang putih dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat.

Akhirnya Kementerian Pertanian menerbitkan RIPH bawang putih, Kementerian Perdagangan melakukan relaksasi Import Bawang Putih.

“Dan kami para importir yg tergabung dalam Pusbarindo melaksanakan importase kemudian langsung mendistribusikannya kepada para distributor di seluruh Indonesia,” sebut Valentino.

Dari data yang Pusbarindo peroleh, bahwa total bawang putih konsumsi yang sudah terkirim dari China ke Indonesia terhitung sejak awal Maret sampai dg 16 Mei 2020 sudah mencapai 91,000 ton.

Jumlah ini masih akan terus bertambah hingga tanggal 31 Mei, sehingga ketersediaan bawang putih hingga pasca Lebaranpun tetap terjamin.

266 Views

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polsek Lau Resor Maros Tembak Kaki Dua Pelaku Begal Sadis

Sen Mei 18 , 2020
Maros, radar buana.com – Aksi pencurian dan kekerasan (Curas) atau begal kembali lagi terjadi diwilayah hukum Polsek Lau, di jalan poros Maros – Pangkep beberapa waktu lalu. Kejadian menimpa seorang warga bernama Firman (21), warga Kampung Suli-suli, Kelurahan Bontoa, Kecamatan Bontoa Maros, tanggal 13 Mei 2020. Kapolsek Lau AKP Sulaeman […]

Sponsor