Tak Lengkap Rasanya Bila  ke Slawi Tak Meneguk Minuman Legendaris Khas Slawi Tegal, Es Lontrong

Tegal, Radarbuana.com – Daerah Slawi, Kabupaten Tegal terkenal dengan produksi teh dan budaya moci alias minum teh poci.  Akan tetapi ada minuman di sini, meski di daerahnya dikenal dengan tehnya, tapi minuman ini sama sekali tak ada unsur tehnya, namnaya juga unik, yaitu Es Lontrong.

Es ini sangat legendaris dan dicari-cari banyak orang saat bertandang ke jantung kota Tegal itu, apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri. Harganya sangat terjangkau hanya Rp 5 ribu.

Bila anda pergi berkunjung ke salah satu ibu kota di Kabupaten Tegal ini, pasti penduduk sekitar akan memberitahu kalau ada minuman Es Lontrong,  khas di Slawi yang tak kalah nikmatnya dengan minuman segar lainnya.

Es Lontrong ini salah satu minuman segar dan gurih bisa menjadi pilihan minuman favorit untuk melepas dahaga di saat melintas di Jl. Letjen Suprapto No. 26, Slawi, Tegal, Jawa Tengah.

Konon Es Lontrong ini cuma ada di satu tempat saja. Sehimgga di kota lain meski masih bagian dari di Kabupaten Tegal, Anda belum tentu dapat menjumpainya lagi minuman dingin nan manis nan gurih ini. Es Lontrong adalah campuran agar merah dan kacang hijau dengan taburan santan yang kental serta diberi es serut.

Dari namanya memang sangat unik. Mengapa minuman ini diberi nama Es Lontrong, Masyarakat sekitar meyakini bahwa nama Es Lontrong berasal dari lokasi tempat penjualnya yang berada di dalam Lontrong. Diartikan dari bahasa daerahnya lontrong biasa disebut sebagai gang. Ada juga yang bilag asal namanya karena pedagang es asli Slawi yang menjualnya di lorong gang kecil bernama Gang Lontrong, tepat lokasinya berada di Kampung Budimulya.

Jika anda pingin menikmatinya dan penasaran,  namun belum ada waktu dan rencana ke Kota Slawi. Sebenarnya mudah kok untuk membuatnya sendiri di rumah. Mau mencobanya ?

Ini bahan yang dibutuhkan:

  • 1 mangkuk kacang hijau yang sudah matang;
  • 1 mangkuk agar merah, potong dadu;
  • 1 mangkuk es batu yang sudah diserut;
  • 1 gelas besar santan kelapa murni yang sudah dididihkan;
  •  1 gelas gula cair yang dimasak dicampur dengan daun pandan/sirup cocopandan sebagai pemanis.

Cara penyajian:

  • Siapkan gelas berukuran sedang;
  •  Pertama-tama masukan agar merah 2 sendok makan atau lebih sesuai selera;
  •  Masukan kacang hijau yang sudah matang 2 sendok makan atau lebih sesuai selera;
  • Lalu diberi gula cair 3 sendok makan yang dimasak dengan daun pandan/ sirup cocopandan;
  •  Setelah itu di beri es yang sudah diserut secukupnya;
  •  Dan tambahkan 3 sendok makan santan yang telah di didihkan.

Sebagai pelengkap, juga bisa tambahkan 1 lembar roti tawar potong dadu. Siap disajikan.

cukup mudah ya. Selamat mencoba dan menikmati karya sendiri. Ibeng

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pelayanan Pembuatan dan Perpanjangan SIM, STNK, dan BPKB Dibuka Kembali, Tetapi Ada Aturan Protokol Kesehatan

Sab Mei 30 , 2020
Jakarta, Radarbuana.com – Dalam surat telegram nomor ST/1537/V/YAN.1.1./2020 tanggal 29 Mei 2020, ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Istiono, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengambil kebijakan untuk membuka layanan pembuatan dan perpanjangan SIM, STNK, dan BPKB di kantor Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas), Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), dan BPKB. Meski […]

Sponsor