Warga Kecamatan Tompo Bulu Lestarikan Budaya yang Nyaris Punah

Maros, Radarbuana.com –  Dimasa moderen saat ini banyak tradisi adat dan budaya sebagai kearifan lokal warisan dari leluhur nyaris punah.

Akan tetapi bagi masyarakat Desa Bonto Manurung, Kecamatan Tompo Bulu Kabupaten Maros, menjaga warisan leluhur agar tetap eksis dengan melakukan berbagai kegiatan yang menjadi tradisi masyarakat, seperti pesta panen, dirangkaikan dengan beberapa tradisi sebagai kesempurnaan acara tersebut.

Acara dua tahunan itu, dihadiri oleh seluruh lapisan masyarakat Desa Bonto Manurung dan sekitarnya. Juga   dihadiri oleh wakil ketua DPRD Kabupaten Maros Chaedir Syam dan unsur pemerintah kecamatan Tompobulu.

Chaidir Syam

Kehadiran Chaidir Syam disambut baik oleh warga, karena kehadiran wakil ketua DPRD ini punya kesan tersendiri bagi warga. Menurut warga setempat acara pesta panen ini menjadi lebih semarak dengan hadirnya beberapa tokoh dari kabupaten.

Melihat antusias warga, bakal calon bupati Maros, Chaidir Syam juga sangat memberi perhatian khusus dalam pengembangan budaya tersebut.

Ia pun ikut menyaksikan berbagai prosesi adat tradisonal di dusun Baru, Desa Bontomanurung Kecamatan Tompobulu, Senin (13/07).

Chaidir mengatakan, prosesi adat tradisi ini sudah langka dan hanya dilaksanakan 2 tahun sekali, sehingga harus tetap dilestarikan.

Bahkan, menurutnya tradisi ini memiliki potensi yang baik dalam menarik kunjungan wisata di Kabupaten Maros kedepannya.

Selain acara adat tradisional, Chaidir juga melihat wilayah tersebut memiliki ragam potensi alam yang harus terus dikembangkan, diantaranya  pembuatan gula merah yang sangat baik dan tuak manis yang jadi minuman ciri khas daerah.

“Insya Allah prosesi adat  seperti inilah yang akan terus dilestarikan sebagai warisan budaya kita. Ini harus  menjadi perhatian serius kita semua, karena ini bisa menjadi potensi peningkatan  perekonomian masyarakat”, pungkasnya. Herman.

207 Views

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polres Metro Jakarta Barat Kurun Waktu Seminggu Gagalkan 3 Peredaran Gelap Narkoba

Sel Jul 14 , 2020
Jakarta, RadarBuana.com – Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat berhasil mengungkap peredaran gelap barang haram narkoba dimasa new normal pandemi covid-19. Dari hasil pengungkapan kurun waktu seminggu petugas kepolisian dari satuan narkoba Polres Metro Jakarta Barat berhasil menggagalkan peredaran gelap narkoba dan menyita sebanyak 18,1 kg narkoba jenis sabu, 1 […]

Sponsor