Ketahanan Nasional Tercipta Dimulai dari Keluarga

Bogor, RadarBuana.com – Kementerian Agama memiliki program ketahanan nasional yang dimulai dari keluarga dan bertujuan menekan angka perceraian.

“Ketahanan nasional dimulai dari keluarga. Kalau rapuh akan rusak ketahanan nasional,” demikian disampaikan Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin saat menjadi pembicara dalam Dialog Isu-isu Kebimasislaman dengan Praktisi Media di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (21/09/2020).

Guru Besar UIN Alauddin Makassar mengatakan angka perceraian di Indonesia cukup memprihatinkan dan itu merupakan penyebab utama rapuhnya ketahanan dalam keluarga.

“Perceraian di Indonesia perbandingannya 5 menikah dan 1 bercerai. Itu memprihatinkan karena perceraian melahirkan masalah sosial baru,” katanya .

Peraih gelar Ph.D dari Bonn University Jerman ini, menyatakan untuk menekan angka perceraian adalah dengan meningkatkan kompetensi penghulu. Itu akan membuat kualitas mereka meningkat.

“Penghulu ideal itu tidak hanya memiliki pemahaman agama yang bagus, mereka juga harus mengikuti dinamika keagamaan dan sosial di sekitarnya. Karena akan menjadi rujukan tokoh masyarakat,” ujarnya.

Selain itu tugas penghulu tidak hanya mencatat tapi juga memberikan bimbingan pranikah, bimbingan calon pengantin, bimbingan pasca nikah dan bimbingan keluarga untuk mereka yang mau berkonsultasi.

“Karena mereka perwakilan Kemenag di tingkat kecamatan. Jadi program itu harus bisa dijalankan untuk menekan angka perceraian,” pungkasnya. Her

46 Views

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tiga Pilar Kabupaten Majalengka Gelar Operasi Yustisi Stationer dan Mobiling di Wilayah Kecamatan Rajagaluh

Sel Sep 22 , 2020
Majalengka, RadarBuana.com – Dalam rangka memutus mata rantai dan menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Majalengka khususnya wilayah Kabupaten Majalengka dipimpin oleh Wakapolres Majalengka Kompol Sumari, S.H. dihadiri satuan Polisi Pamong Praja, Dishub, BPBD dan Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka melakukan razia bagi warga yang melanggar protokol kesehatan, Selasa (22/9/2020). Razia tersebut […]

Sponsor