Orangtua Harus Cerdas dan Kreatif Agar Masa Pandemi Tidak Berdampak Pada Psikologis Anak

Jakarta, Faktapers.id –  Anak-anak memiliki kerentanan tinggi terhadap gangguan psikologis dampak pandemi Covid-19. Karena Covid-19 melahirkan protokol kesehatan diharuskan  pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan serta telah mengubah mekanisme belajar anak sekolah secara drastis.

Anak sekolah harus melakukan aktifitas belajarnya dari rumah. Bagaimana pun Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi perubahan pada pola interaksi sosial anak antar individu.

Sekretaris Jendral (Sekjen) Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Henny Adi Hermanoe mengatakan, gangguan psikologi memang sangat rentan terjadi pada anak. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan tetap memenuhi hak anak. Sebab menurutnya, ketika ada pembatasan karena adanya pandemi maka hak itu tidak boleh terabaikan. Artinya, guru-guru di sekolah tidak lagi bertatapan langsung dengan anak-anak, kemudian anak-anak tidak lagi bisa bermain langsung dengan teman-temannya.

Mereka harus tetap punya kesempatan untuk mengembangkan potensi motorik kasar mereka melalui permainan-permainan. Artinya, pandemi yang memaksa adanya pembatasan interaksi secara sosial, tentu saja akan berdampak pada anak-anak. Karena manusia itu lahir sebagai mahluk sosial. Anak-anak butuh orang lain untuk mengembangkan berbagai potensi dirinya. Dalam hal ini peran orangtua menjadi modal utama untuk bisa membantu mengurangi bahkan mengilangkan dampak psikologis dengan menjadi orangtua efektif.

“Peran orangtua dirumah memang agak sulit. Ketika orangtua biologis harus berubah menjadi orangtua efektif. Efektif sebagai teman, sebagai sahabat, sebagai guru, maka itu adalah hal yang sulit. Tapi sebagai orangtua yang saat ini akan banyak berhadapan dengan anak dirumah karena sistem Pendidikan jarak Jauh (PJJ) dan anak-anak juga mengalami pembatasan bermain di lingkungan, maka orangtua harus pandai menjadi orangtua yang efektif yang bisa jadi sahabat mereka. Enggak Cuma ngomel atau marahin ketika anak-anaknya tidak mampu melakukan tugas-tugas online dari guru tetapi menemani. Menemani dengan bijak kemudian menciptakan permainan-permainan yang menggunakan motorik kasar mereka. Sehingga mereka tidak hanya terpaku didepan layar gadged mereka, layar laptop, layar komputer atau di smartphone mereka. Bagaimana pun mereka tetap punya kesempatan untuk mengembangkan potensi motorik kasar mereka melalui permainan-permainan yang diciptakan oleh para orangtua,” papar Henny Adi Hermanoe kepada faktapers.id di kantor LPAI di kawasan Salemba Jakarta Pusat, Rabu (20/1/2021).

Kata Henny, hal utamanya adalah bagaimana tetap bisa membangun rasa empati pada anak. Ketika dia bermain dengan teman-temannya, kemudian dia melakukan kesalahan dia akan meminta maaf. Ketika ada teman-temannya yang curang, anak-anak akan belajar banyak hal. sehingga etika itu dibatasi maka tugas ini menjadi tugas orangtua untuk menciptakan sekolah di rumah yang menyenangkan. Dimana hak-hak mereka sebagai anak untuk bermain, berekreasi, bisa tetap terpenuhi dan tidak mengganggu potensi-potensi lain dari anak-anak. Karena jika hak anak terabaikan, anak akan mengalami gangguan psikologis kerena pembatasan-pembatasan terlalu ketat dari orangtua. Orangtua terlalu memaksakan kehendaknya karena anak-anak harus mengerjakan tugas-tugas yang diberikan secara online yang belum tentu efektif.

“Nah, disinilah tugas orangtua. Bagaimana menghindari agar pembatasan yang terjadi di masa pandemi ini tidak menggangu anak-anak secara mental, tidak menggangu kondisi psikologis anak-anak kita,” tambah Henny Adi Hermanoe yang akrab disapa Kak Henny ini.

Lebih lanjut Kak Henny mengatakan, jurus jitu lain yang bisa dilakukan orangtua agar anak tak terdampak psikologis adalah dengan menemukan alternatif atau membuat cara belajar yang lebih kreatif untuk agar anak. Karena secara naluriah, anak-anak memiliki energi yang besar yang harus disalurkan. Ketika energi begitu besar itu dibatasi dan tidak bisa tersalurkan dengan baik, maka hasilnya bisa mnjadi tidak baik. Apa lagi ketika orangtua melarang anak-anak untuk bermain di luar rumah karena kondisi memaksa untuk itu agar sebaran pandemi tak bisa menghampiri anak-anak. Namun tetap harus ada alternatif-alternatif yang diciptakan oleh orangtua. Sehingga, kesempatan anak-anak untuk melakukan kegiatan bermain yang menggunakan motorik kasar mereka bisa juga terpenuhi. Sebab, energi besar yang bisa disalurkan itu bisa membuat anak-anak tidak mengalami ketegangan atau kecemasan.

Menurut mantan Ketua Harian LPAI ini, tak hanya unsur motorik saja yang dipenuhi. Tapi kemudian unsur rekreasi mereka juga harus terpenuhi. Jadi tidak melulu belajar jarak jauh saja. Dari rumah, pemenuhan-pemenuhan lain juga harus dilakukan para orangtua. Sehingga anak-anak kita bisa tetap enjoy, anak tetap bisa menikmati masanya meski pun mereka belajar dengan pembatasan yang luar biasa. Harus ada alternatif lain yang diciptakan oleh orang tua. Misalnya mereka punya project berkebun bersama. Itu menjadi sesuatu yang baru. Atau atau mereka punya project untuk membersihkan satu tembok di mana anak-anak diberi kesempatan untuk ngecat tembok itu sesuai dengan warna yang mereka sukai. Atau orangtua menciptakan kegiatan masak ‘fun cooking’.

“Masak bersama anak-anak, biasanya kalau mama bikin masakan tidak mau diganggu, kali ini beri kesempatan anak-anak untuk melakukan itu. Kotor sedikt enggak apa-apa, bersihkan bersama. Ajak anak-anak untuk bertanggung jawab. Kalau biasanya pagi-pagi anak-anak berangkat ke sekolah tempat tidurnya tidak dirapihkan, selama masa pandemi ini banyak waktu mereka di rumah, ajarkan mereka cara merapikan kamar, cara melipat melipat selimut, cara merapikan tempat tidur, bahkan cara menyapu. Itukan keterampilan-keterampilan yang pada saat dimasa biasanya anak-anak mungkin sedikit sekali mendapatkan itu. Dan hal tersebut merupakan hal-hal yang menggembirakan yang belum tentu dilakukan pada saat masa yang bukan masa pandemi,” imbuh Kak Henny.

Dalam hal ini, orang tua diharapkan bisa lebih kreatif untuk menciptakan alternatif-alternatif kegiatan yang dibutuhkan anak-anak sehingga tumbuh kembang mereka tetap bisa optimal dan tidak terganggu secara psikologis meski pun adanya pembatasan karena memang adanya protokol kesehatan yang harus diikuti.

“Saya melihat dalam perspektif anak dalam perlindungan anak. Karena kami dari LPAI harus lebih memperhatikan bahwa anak-anak memiliki hak belajar, bermain, sebagimana tercantum dalam Undang-Undang No 35 tahun 2014. Jadi meski pun ada pembatasan untuk anak-anak dalam melakukan aktifitas utamanya di luar rumah akibat masa pandemi Covid-19, tetap saja kita harus memberikan hak-hak anak. Hak mereka untuk bermain, berekreasi melakukan kegiatan-kegiatan yang menggunakan motorik kasar mereka untuk bergerak, bermain, melompat sebagaimana mereka lakukan sebelumnya,” pungkasnya. Her/Fahmi

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Camat Turikale serahkan Bantuan Kepada Pengungsi Dari Sulbar

Jum Jan 22 , 2021
Maros, RadarBuana.com— Dampak bencana gempa bumi yang terjadi di Majene dan Kabupaten Mamuju membuat warga melakukan pengungsian. Warga yang terdampak bencana bukan cuma mengungsi di daerah masing-masing, tapi banyak mengisi keluar daearah, termasuk di kabupaten Maros, ada beberapa warga Mamuju datang ke Maros mengungsi dirumah keluarga. Pengungsi ini ditampung di […]

Sponsor