Qoala Plus: Kreativitas Bandung Potensi Besar Pasarkan Produk Asuransi di tengah Pandemi

Bandung, RadarBuana.com – Sepanjang tahun 2020, Qoala Plus–platform digital milik perusahaan insurance technology Qoala –mengumpulkan pendapatan premi dengan total Rp 50 miliar. Qoala Plus kini tumbuh menjadi jaringan asuransi terbesar di Indonesia yang memiliki tenaga pemasar, yang disebut Mitra Qoala Plus, yang mencapai 10 ribu orang.

Hal ini diungkapkan VP of Offline Business Qoala, Sugeng Purnomo dalam acara Qoala Plus Kickoff 2021 di Hotel Courtyard by Marriott, Bandung, Jawa Barat, Kamis (18/2). Bandung merupakan kota ketiga yang masuk dalam rangkaian acara Qoala Plus Kickoff 2021, setelah Jakarta dan Surabaya.

Dalam kesempatan ini, Ipung, sapaan akrab Sugeng Purnomo, mengungkapkan kontribusi wilayah Bandung terhadap Qoala Plus. Setelah resmi diluncurkan di Jakarta awal tahun lalu, Qoala Plus membuka kantor cabang operasional di Bandung pada Maret 2020. Namun, kantor tersebut tidak beroperasi lantaran diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus Covid-19 sampai bulan Juni 2020.

“Tantangan terbesar saat itu yakni berdampaknya daya beli masyarakat untuk membeli asuransi akibat pandemi Covid-19. Meski begitu, dari Rp 50 miliar pendapatan premi yang dikumpulkan Qoala Plus tahun lalu, Bandung menyumbang Rp 4 miliar. Hal ini menarik, karena Qoala Plus di Bandung beroperasi secara efektif hanya di semester II tahun 2020,” ungkap Ipung.

Atas dasar itu, sambung Ipung, Qoala Plus optimistis wilayah Bandung bisa mencatatkan peningkatan pendapatan premi sebesar Rp 12 miliar atau tiga kali lipat dari tahun 2020. Ipung juga berharap semakin banyak Mitra Qoala Plus yang bergabung.

“Khusus untuk Bandung, kami berharap Qoala Plus bisa memberikan akses seluas-luasnya terhadap produk asuransi bagi warga Jawa Barat. Bandung dikenal dengan karakteristik warganya yang kreatif. Di tengah tantangan pandemi ini, kami percaya kreativitas ini bisa membuat Mitra Qoala Plus tetap produktif,” tambah pria yang sudah 17 tahun berkecimpung di dunia jasa keuangan ini.

Regional Business Manager Qoala untuk Jawa Barat, Adi Firman Huda, juga yakin target yang dipatok untuk Bandung bisa tercapai. Pasalnya, sambung dia, Bandung memiliki potensi yang besar untuk pemasaran produk asuransi.

“Produk asuransi yang diminati di Bandung bersifat retail, diantaranya asuransi untuk kendaraan bermotor serta asuransi properti skala kecil dan menengah. Kunci untuk mendapat kepercayaan Mitra Qoala Plus dan customer di Bandung adalah pelayanan, proses klaim yang mudah, serta sistem keamanan data yang canggih,” pungkas Adi.

Keterangan foto:
– VP of Offline Business Qoala, Sugeng Purnomo (kiri) dan Regional Business Manager Qoala untuk Jawa Barat, Adi Firman Huda (kanan)

TENTANG QOALA

Qoala adalah perusahaan rintisan di bidang teknologi asuransi atau insurtech dengan misi memasyarakatkan asuransi melalui kombinasi pengembangan produk baru yang didukung oleh teknologi dan proses klaim berbasis digital, dan machine learning.

Qoala berkomitmen memberikan pengalaman asuransi terbaik bagi pelanggannya melalui proses klaim yang cepat dan mudah, dan juga membantu perusahaan asuransi mengurangi biaya dan risiko melalui teknologi. Qoala berkolaborasi dengan perusahaan asuransi terdepan dalam mengembangkan produk-produk asuransi baru untuk mendorong kesadaran asuransi melalui kasus-kasus seperti penundaan penerbangan, kontrol kualitas hotel, logistik, kerusakan layar ponsel dan sebagainya.

Qoala juga memanfaatkan teknologi untuk membantu mendigitalisasi perusahaan asuransi dan pialang asuransi, serta mendukung kebutuhan pihak-pihak tersebut untuk lebih efisien di era digital.

Didirikan oleh lulusan Oxford University dan UCL, Harshet Lunani dan Tommy Martin, tim Qoala terdiri dari individu-individu dari bermacam latar belakang industri yang berbeda dengan pengalaman dari berbagai start-up unicorn di Indonesia.[]

20 Views

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Lambar Hadiri Mediasi Antara PT. Tiga Aregon Putra dengan Masyrakat Bedudu

Sel Feb 23 , 2021
Lambar.RadarBuana.com – Mediasi Konflik antara PT. Tiga Aregon Putra dengan Masyrakat Bedudu di gelar pada Selasa 23 Februari 2021 di Ruang Rapat Pesagi Kantor Bupati Lambar. Dihadiri Bupati Lambar H. Parosil Mabsus yang didampingi Assiten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring, Wakapolres Lambar Kompol Dwi Santosa, SH., Kepala Dinas Lingkungan […]

Sponsor