Ketua Bappeda Maros Buka Musrembang Kec.Mandai Dihadiri Bupati Terpilih Chaidir Syam dan Hj Suhartina Bohari

Maros, RadarBuana.com— Pemerintah Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, menyelenggarakan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021 tingkat kecamatan, di kediaman kepala Desa Tenrigengkae, yang juga merupakan ketua Asosiasi pemerintahan desa APDESI kabupaten Maros Rabu (24/02/2021).

Musrembang tahun ini mengusung Tema “Meningkatkan daya saing daerah melalui ketahanan ekonomi, pelayanan dasar dan pembangunan sumber daya manusia secara inklusif”

Dalam acara musrembang tersebut, terlihat yang hadir tetap menggunakan masker dan mengikuti protokol kesehatan covid 19.

Musrenbang ini di hadiri 2 Bupati, dibuka oleh PLH Bupati Maros, yang di wakili Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Muh. Alwi, turut hadir Bupati dan Wakil Bupati terpilih H.A.S Chaidir Syam dan Hj Suhartina Bohari, serta sejumlah Anggota DPRD Kabupateb Maros, sejumlah Kepala OPD, perwakilan TNI/Polri, dan Camat, Kepala Desa dan tokoh masyarakat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Maros, Alwi menjelaskan, Musrenbang Kecamatan merupakan forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas, yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten/kota di wilayah kecamatan.

Dasar Musrenbang lanjut Alwi, dilaksanakan atas amanah UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembagunan daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang RPJPD, RPJMD serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah

Menurutnya, Musrenbang Kecamatan bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan. Membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa.

“Serta menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah kabupaten/kota,” katanya.

Bupati terpilih Chaidir Syam sangat mengapresiasi kegiatan musrembang dilaksanakan secara Autdoor, tidak lagi di laksanakan di kantor camat seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Ini metode musrembang perlu di kembangkan, karena dengan sistem seperti ini, kita mendekatkan kegiatan dengan masyarakat, sehingga mereka bisa mendengarkan lansung program pemerintah dimasa akan datang,” ujar Chaidir.

Sementara kepala desa Tenrigangkae, Wahyu Febry sebagai tuan rumah, sangat berterima kasih dengan ditunjuknya desanya sebagai tempat musrembang tingkat kecamatan Mandai.

Wahyu yang juga ketua APDESI kabupaten Maros, menganggap metode musrembang seperti ini, sangat bagus, karena kita lebih dekat dengan Masyarakat dan trasparansi program kepada masyarakat.

“Ini baru pertama kali Musrembang dilaksanakan diluar kantor kecamatan, terimah kasih semua kepada semua pihak yang sempat hadir disini, kami juga mohon maaf sekiranya dalam Musrenbang ini kalau ada banyak kekurangan,” ungkap Wahyu kades Tenrigangkae.Herman.

51 Views

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kadiv Humas: Virtual Police Bekerja untuk Ciptakan Medsos Bersih dan Sehat

Rab Feb 24 , 2021
Jakarta, RadarBuana.com –  Sesuai dengan 16 program prioritas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo nomor lima yakni pemantapan kinerja pemeliharaan Kamtibmas, maka Virtual Police hadir sebagai bagian dari pemeliharaan Kamtibmas khususnya di ruang digital agar bersih, sehat dan produktif. Virtual Police juga merupakan kegiatan kepolisian untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang […]

Sponsor