Bicara Kopi Ingat Lampung Barat, Surganya Penikmat Kopi

RadarBuana.com | Lambar – “Lampung Barat Surganya Penikmat Kopi” ini adalah tagline Kabupaten Lampung Barat sebagai Kabupaten Produsen Kopi Robusta terbesar di Provinsi Lampung.

Perlu diketahui sepertiga Kopi Robusta yang dihasilkan oleh provinsi Lampung dipasok dari Kabupaten ini. Kopi Robusta Lampung Barat memiliki kekhasan cita rasa yang berbeda dengan kopi jenis serupa dari daerah lain.

Wajar apabila “Bicara Kopi, Ingat Lampung Barat”. Luas wilayah perkebunan kopi yang ada di Kabupaten Lampung Barat mencapai 53.612 Ha dengan produksi mencapai 57.664 ton.

Maka ketika kita memasuki wilayah Lampung Barat kita langsung disuguhkan hamparan perkebunan kopi yang terbentang disepanjang jalan dan ditambah dengan cuaca yang sejuk membuat kedamaian bagi para penikmatnya.

Pada bulan Oktober kita akan kembali disuguhkan oleh aroma bunga kopi yang begitu harum, mempesona, dan penuh kenangan. Selanjutnya pada bulan Juli tahun berikutnya bunga kopi telah berubah menjadi biji-biji kopi yang memerah disepanjang hamparan kebun petani.

Biji Kopi Robusta Lampung Barat.

Kopi bagi masyarakat Lampung Barat sudah menjadi urat nadi ekonomi yang telah diusahakan sejak turun-temurun dan hampir 70% penduduk Kabupaten Lampung Barat adalah petani Kopi. Sehingga, Kopi Robusta Lampung merupakan salah satu warisan leluhur yang harus dilestarikan sumberdaya alamnya.

Kopi juga merupakan perwujudan keramahan masyarakat Lampung Barat. Setiap tamu yang berkunjung akan disajikan segelas kopi robusta hangat yang diseduh dengan gula merah dan disandingkan buakh tat yang menjadi jamuan wajib masyarakat Lampung.

Kopi Lampung cukup pantas dikategorikan sebagai salah satu kopi terbaik Indonesia yang terkenal karena keistimewaan aroma dan rasanya yang khas. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji citarasa yang setiap tahun dilakukan oleh Puslitkoka Jember dengan nilai mencapai skor diatas 80 yang artinya masuk dalam kategori “Very Good” sampai “Excellent”.

Kopi-kopi Robusta berkualitas yang dihasilkan oleh Lampung Barat telah hadir di cafe-cafe dengan nuansa khas anak muda dengan menyajikan berbagai jenis minuman kopi dengan kualitas yang tak kalah dari “coffee shop” dengan harga yang lebih terjangkau.

Kopi Lampung Barat juga telah memiliki Sertifikasi Indikasi Geografis dari Ditjen Hak Kekayaan Intelektual Kemenkumham pada Tahun 2014 yang lalu.

Selain penghasil Kopi Robusta Kabupaten Lampung Barat juga merupakan penghasil kopi termahal didunia yaitu Kopi Luwak yang selalu dicari oleh wisatawan domestik maupun manca negara. Wisatawan dapat menemukan Kopi Luwak disentra-sentra wilayah pengembangan Kopi Luwak yang tersebar di Kecamatan Balik Bukit.

Pengunjung selain dapat menikmati seduhan kopi luwak juga dapat mengamati proses pengolahan Kopi Luwak yang dihasilkan dari musang yang dipelihara dengan memperhatikan aspek-aspek lingkungan.

Saat ini Indonesia berada pada Urutan keempat setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia sebagai negara penghasil kopi terbesar. Sementara itu beberapa tahun silam ditahun 90-an negara vietnam pernah datang dan belajar Kopi ke Lampung Barat.

Semoga kini menjadi semangat baru dan mendorong petani kopi lampung untuk terus membudidayakan kopi yang berkualitas tinggi.

Bagi penikmat Kopi, jika ritual ngopi di cafe mahal atau dikedai-kedai kopi sudah terlalu membosankan, maka sebaiknya mencoba menikmati seduhan secangkir kopi yang disajikan di “Kampung Kopi Rigis Jaya” Kecamatan Air Hitam Kabupaten Lampung Barat.

Aroma kafein ditengah kebun Kopi menjadi pilihan berwisata yang menjanjikan sensasi yang berbeda. Menikmati secangkir kopi dengan kualitas yang tak kalah dari “coffee shop” dengan harga yang lebih terjangkau sambil bercengkrama dengan masyarakat sekitar tentang indah dan damainya hidup di desa tentu tidak dapat ditemui dikota-kota besar.

Selain itu, pengunjung akan diajak menyapa pepohonan kopi dengan berwisata mengelilingi kebun Kopi sambil belajar tentang budidaya kopi dan cara mengolah biji kopi hingga menjadi bubuk kopi yang berkualitas cita rasa kopi khas Lampung yang disukai para pencinta kopi dimana pun berada.

Ditambah lagi pada saat musim panen tiba maka pengunjung akan disuguhkan pemandangan buah kopi yang memerah dan dapat ikut serta memanennya. Selain wisata edukasi dikampung kopi saat ini tengah dibangun Agro Tekno Park Kopi Robusta Liwa Lampung yang diharapkan dapat menjadi pusat pendidikan dan informasi serta etalase kopi robusta Lampung Barat.

Oleh sebab itu diharapkan Kopi Robusta Lampung Barat menjadi kian terkenal serta diminati konsumen di dalam maupun luar negeri.

Tri Umaryani, SP, M.Si

58 Views

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kapolri Mendukung Program Pembangunan Infrastruktur TIK

Sel Mei 4 , 2021
RadarBuana.com | Jakarta -Terkait dengan pembangunan infrastruktur Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), dalam rangka mewujudkan cita-cita program pemerintah untuk penguatan ruang digital di seluruh Indonesia. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan dukungan Hal itu disampaikan Sigit saat menerima kunjungan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate di Gedung Utama Mabes […]

Sponsor