Antisipasi Kebakaran, Lapas Kelas I Cirebon Gandeng Damkar Kota Cirebon Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran

RadarBuana.com | Cirebon – Sebagai langkah mitigasi dan pengendalian resiko yang berkaitan dengan tugas dan fungsi sehingga tercipta lingkungan kerja yang aman, dan siap siaga bencana, Lapas Cirebon hari ini melakukan simulasi penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) bersama Petugas DAMKAR Kota Cirebon (02/10/2021).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut surat edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS.PK.02.10.01-1092 tanggal 10 Agustus 2021 perihal Pencegahan Gangguan Keamanan dan Ketertiban serta Penanggulangan Bencana di Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan,yang salah satu pointnya yaitu Berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah serta Dinas Pemadam Kebakaran Pemerintah Daerah setempat untuk menyiapkan rencana kontijensi penanggulangan bencana.

Pelatihan dimulai dengan pembukaan kegiatan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Leny Puspasari , selanjutnya penyampaian materi tentang cara penggunaan alat pemadam kebakaran yang dilanjutkan dengan praktik langsung memadamkan api dengan alat pemadam api. Materi diberikan dan dibimbing oleh tim teknisi alat pemadam api berpengalaman dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cirebon yang dipimpin oleh Nurjaman Kasi kesiapsiagaan, operasi dan investigasi pemadaman.

Setelah penyampaian materi, tim Damkar didampingi Kepala KPLP Sukarno Ali dan Kabid Kamtib Giyanto dan Kabag Tata Usaha Leny Puspasari memberikan teknik penanganan kebakaran secara langsung. Regu Pengamanan dan staff Lapas Cirebon ikut praktik secara langsung dalam simulasi memadamkan api menggunakan alat tradisional Karung Goni maupun menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di tempat yang terbuka. Selain itu Tim Damkar menyampaikan petunjuk mengenai perawatan dan pemeliharaan Tabung APAR, agar kondisi APAR senantiasa baik dan siap digunakan, teknik menggunakan membuka APAR dan teknik melakukan penyemprotan.

“Pelatihan dan simulasi pemadaman api yang bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan merupakan Langkah kesiapsiagaan dan pengamanan Petugas Lapas Kelas I Cirebon supaya kejadian yang sudah terjadi di Lapas Tanggerang tidak terjadi di tempat kita” ujar Sukarno Ali

Selain cara penggunaan APAR Tim Damkar juga memberikan Simulasi Penanganan Kebocoran Pada Tabung Gas yang dapat menimbulkan api maupun ledakan.

Setelah selesai simulasi, Kegiatan ditutup dengan Foto bersama.

Rio

145 Views

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kapolres Cirebon Kota Tinjau Vaksinasi Merdeka,  23 Desa yang Laksanakan Tahapan PILWU

Sab Okt 2 , 2021
RadarBuana.com | Kota Cirebon – Dalam rangka mendukung percepatan vaksinasi. Kegiatan vaksinasi serentak dilakukan diberbagai tempat. Kembali Kapolres Cirebon Kota AKBP M. Fahri Siregar. SH. S.IK.MH melaksanakan monitoring giat vaksinasi di Kecamatan Tengahtani dan Kecamatan Gunung jati Kabuoaten Cirebon. Dalam rangka Peninjauan Vaksinasi Merdeka di 23 Desa Kabupaten Cirebon kegiatan […]

Sponsor