Ratusan Kader PKK Kabupaten Maros Kumpul Di Hutan Kota

RadarBuana.com | Maros  – Ratusan kader PKK dari 14 Kecamatan di Kabupaten Maros, kembali bertemu dan berembuk membahas mengenai penanggulangan stunting di kabupaten Maros.

berlangsung di Hutan Kota, Rabu, 13 Oktober 2021.

Sekretaris PKK Kabupaten Maros, Fitriani Syamsuar mengatakan temu kader tahun ini bertujuan meningkatkan peran serta kader PKK dalam pendataan dan pencegahan stunting di Kabupaten Maros.

“Kami melakukan pencegahan melalui pendataan, serta sosialisasi ke masyarakat melalui kader PKK,” katanya.

Tak hanya itu, lanjut Fitri, melalui kader PKK dari seluruh Kecamatan, pihaknya juga mengedukasi masyarakat mengenai stunting dan pencegahannya.

“Kita menjelaskan ke mereka apa itu stanting serta cara pencegahan dari stunting itu sendiri,” jelasnya.

Ia mengatakan pihaknya juga telah melakukan sosialisasi pendidikan keorangtuaan di masyarakat. Melalui orang tua, stunting bisa di cegah sejak dini.

Fitri menambahkan, angka stunting tertinggi terjadi pada tahun 2019 dan 2020. Kami melakukan pencegahan melalui pendataan, serta sosialisasi ke masyarakat melalui kader PKK sampai ketingkat bawah.

Tapi insyaallah tahun 2021 angka stunting di Maros akan terjadi penurunan, tapi saat ini memang ada beberapa kecamatan dengan angka stunting yang tinggi . Saat ini masih ada beberapa Kecamatan yang memiliki jumlah kasus stunting tertinggi.

“Ada beberapa kecamatan dengan kasus stunting tertinggi, yakni Mandai, Turikale, Lau, Moncongloe, Cenrana dan Bontoa, ini tantangan buat kita semua, bagaimana angka stantin bisa menurun,” jelasnya

Dihubungi terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, Muhammad Yunus, mengatakan kasus stunting (gagal tumbuh karena minim gizi) di Kabupaten Maros hingga 6 Oktober 2021 berjumlah 2.892 atau sekitar 9,72 persen.

Diakui Yunus, memang terjadi penurunan jumlas stunting di Kabupaten Maros. Untuk Tahun lalu (2020) jumlahnya itu 3.812 atau sekitar 13,04 persen.

Pemkab juga terus melakukan berbagai upaya untuk menekan angka stunting di Kabupaten Maros.

“Refreshing kader posyandu, perkuat kerjasama lintas sektor, kolaborasi Tim Penggerak PKK dengan Pemerintah Desa dan Kelurahan, ” imbuhnya.

Herman.

21 Views

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ciptakan Kamseltibcar Lantas Bhabin Desa Klayan Polsek Gunung Jati Giat Pola 68 Pagi Hari

Rab Okt 13 , 2021
RadarBuana.com  | Kota Cirebon  – Dengan mulai diadakanya pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Bhabinkamtibmas Desa Klayan Aiptu Sunaryo Polsek Gunung Jati Polres Ciko lakukan Giat Gatur Pola 68 dalam rangka menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas bagi masyarakat dan para pelajar yang melakukan aktifitas setiap pagi hari dari […]

Sponsor