SMAN 7 Kota Cirebon Gelar Festival Gebyar Mustika Rasa, Sajian Kuliner Nusantara Gagasan Sang Proklamator

Radarbuana.com | Kota Cirebon – Generasi muda sebagai harapan bangsa memiliki beban moral untuk mengenal, menjaga, dan melestarikan seluruh aset budaya tersebut, termasuk salah satu nya adalah keberagaman kuliner resep asli Indonesia.

Puluhan menu masakan Nusantara dipersembahkan secara kreatif oleh siswa-siswi SMA Negeri 7 Kota Cirebon. Kegiatan ini merupakan bagian dari Festival Mustika Rasa 1221 kuliner yang akan dipertandingkan di Provinsi Jawa Barat, Kamis, (02/12/2021).

Kepala SMAN 7 Kota Cirebon, Dra. Hj. Ety Nur Rochaeni, M.Pd.I mengatakan, Festival Mustika Rasa ini merupakan ide dari Gubernur Provinsi Jawa Barat untuk memecahkan rekor MURI di bidang kuliner.

“Mustikarasa adalah buku kumpulan resep masakan dari berbagai daerah di Indonesia. Buku ini lahir atas gagasan Proklamator Republik Indonesia (Ir Soekarno-red) yang merupakan seorang pecinta makanan.. Pak Gubernur dilimpahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Jabar dan dilaksanakan melalui MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) di Jabar untuk menggelar festival ini,” ujar Hj. Ety Nur Rochaeni.

Dari sekolah yang mengikuti festival tersebut, SMAN 7 Kota Cirebon menjadi salah satu peserta yang dipertandingkan di tingkat kabupaten dan kota.

“Ini adalah yang pertama dan selanjutnya akan ada festival offline di Istana Kepresidenan Cipanas pada 22 Desember dengan menghadirkan pemenang dari masing-masing kabupaten dan kota, akan tampil di sana,” kata Hj. Ety Nur Rochaeni.

Menurutnya, festival ini merupakan sarana Enterprenuer bagi para siswa-siswi. Bagaimana bekerja sebagai tim dan menghasilkan karya terbaik.

“Salah satunya akan melahirkan juru masak baru. Mungkin dari pengalaman ini mereka merasa mampu dan mampu memasak, sehingga menjadi nilai tambah yang kita inginkan dari setiap kegiatan,” harap Ketua MKKS SMA Kota Cirebon.

Wakil Kepala Sekolah Kurikulum SMAN 7 Kota Cirebon, Wawan Muswana,S.Pd menambahkan, kegiatan ini juga merupakan bagian dari penilaian praktek mata pelajaran seni dan kewirausahaan untuk kelas 12 di sekolahnya.

“Kami berkolaborasi dalam kegiatan festival, kami memberikan penilaian terhadap masakan dan pakaian yang mereka gunakan,” Pungkasnya

Rio

72 Views

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kecerobohan Kembali Dipamerkan Polri, Kaburnya Tahanan Polres Batanghari, ICK: Memprihatinkan

Jum Des 3 , 2021
RadarBuana.com | Jakarta – Indonesia Cinta Kamtibmas (ICK) menyampaikan keprihatinan kecerobohan kembali dipamerkan aparat Kepolisian kepada publik menebar ketakuat dan membahayakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), pasca kaburnya 24 tahanan Polres Batanghari, Polda Jambi. “ICK prihatin kecerobohan aparat Polri kembali dipamerkan ke publik menambah ketakutan dan membahayakan Kamtibmas,” kata Ketua […]

Sponsor