DKIS Kota Cirebon Paparkan Program Smart City, Saat Terima Kunjungan Pemprov dan DPRD Jateng

RadarBuana.com | Kota Cirebon – Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon menerima kunjungan kerja dari Pemprov Jawa Tengah dan Komisi A DPRD Jawa Tengah. DKIS memaparkan tentang pengelolaan program Smart City.

“Kami berdiskusi tentang program Smart City di Kota Cirebon. Mereka ingin tahu apa yang sudah dilakukan Kota Cirebon terkait Smart City,” Ujar Kepala DKIS Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa, A.P. usai menerima kunjungan kerja di kantornya, Kamis (13/01/2022).

Ma’ruf mengatakan, pembahasan bersama rombongan Pemprov dan DPRD Jawa Tengah fokus pada optimalisasi peran relawan tenaga teknologi dan informasi (TIK). Kota Cirebon dinilai berhasil memaksimalkan peran relawan TIK dalam membantu peningkatan literasi digital.

“Selama dua tahun, kami juga telah menambah personel melalui CPNS. Tentunya dengan dasar berbasis IT,” Ujar Ma’ruf.

Lebih lanjut, Ma’ruf memaparkan tentang sinergitas antara Pemda Kota Cirebon dan DPRD Kota Cirebon dalam mengoptimalkan program Smart City, yang diwujudkan melalui lahirnya Perda tentang Penyelenggaraan Kota Cerdas.

Dalam perda tersebut pemerintah melaksanakan layanan meliputi tata pemerintahan yang cerdas (smart governance), tata pemasaran cerdas (smart economy), tata kehidupan cerdas (smart living), tata masyarakat cerdas (smart society) dan tata lingkungan cerdas (smart environment).

“Inovasi tahun ini ada dua program, yakni program layanan publik dan pemerintahan. Layanan publik bernama program Sedulur. Sedangkan layanan pemerintahan bernama Sampean,” ungkapnya.

Sedulur merupakan akronim dari Sistem Elektronik Terpadu Layanan untuk Rakyat. Sementara itu, Sampean merupakan akronim dari Sistem Administrasi Manajemen Pemerintahan.

“Jadi, semua aplikasi layanan publik akan dijadikan ke satu portal Sedulur. Begitupun dengan layanan pemerintahan yaitu Sampean,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi A DPRD Jawa Tengah, Fuad Hidayat, S.Sos., M.Si. mengapresiasi Pemda Kota Cirebon yang berhasil memaksimalkan sumber daya manusia (SDM) untuk mengoptimalkan program Smart City. Fuad juga menyinggung soal lahirnya Perda tentang Penyelenggaraan Kota Cerdas di Kota Cirebon.

“Saya mengapresiasi Pemda Kota Cirebon. Sebenarnya, Jawa Tengah punya Perda tentang Smart Province. Ke depan kita akan dorong kota dan kabupaten di Jawa Tengah untuk memiliki Perda Smart City. Ini untuk mendukung perda yang sudah ada, sehingga bisa menjadikan smart province,” pungkas Fuad.

Rio

15 Views

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kapolres Cirebon Kota, Kunjungi Warga Penerima Rutilahu Dalam Program Nemoni Ra'yat

Jum Jan 14 , 2022
RadarBuana.com  | Kota Cirebon – Inovasi tiada henti oleh Kapolres Cirebon Kota Akbp. M. Fahri Siregar, SH.S.IK.MH. terus digulirkan. Saat ini program ” Nemoni Ra’yat ” Adalah salah satu program terobosan kreatif dari Kapolres Cirebon Kota yang mana para pejabat utama dan unsur pimpinan Polres Cirebon Kota langsung turun dan […]

Sponsor