Penerbangan Internasional Rute Makassar – Kuala Lumpur – Makassar Dimulai  Maskapai Pertama Air Asia

RadarBuana.com | Makassar – Penerbangan Internasional di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin akhirnya beroperasi. Maskapai Air Asia sebagai maskapai pertama yang mengoperasikan kembali penerbangan internasional dengan rute Makassar – Kuala Lumpur – Makassar.

Kedatangan maskapai yang membawa 140 penumpang dari Kuala Lumpur ini disambut secara seremonial dengan watur salute yang dilakukan oleh Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan pemadam Kebakaran (PKP-PK) dengan 2 mobil pemadam kebakaran milik Angkasa Pura 1.

Sebagai simbolis penyambutan, Manajemen Angkasa Pura 1 dan Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Makassar melakukan pengalungan kain khas toraja kepada pilot, co pilot dan pramugari.

Penerbangan ini untuk sementara akan beroperasi 2 kali seminggu pada hari Kamis dan Sabtu. Air Asia masih menggunakan pesawat tipe Airbus 320 dengan kapasitas 180 penumpang.

Alur kedatangan penerbangan internasional pun masih sama seperti sebelumnya hanya saja ada penambahan pemeriksaan seperti pemeriksaan suhu tubuh dan pemeriksaan kartu vaksin.

Sesuai dengan ketentuan pemerintah, penumpang wajib melakukan Swab PCR dan Karantina selama 5×24 jam apabila suhu tubuh diatas 37 derajat celcius dan belum vaksin lengkap. Karantina dilakukan pada tempat yang telah ditentukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar. Selanjutnya melakukan pemeriksaan imigrasi dan beacukai sebelum keluar ke area lobby kedatangan bandara.

“Sebelum pandemi, Air Asia melayani penerbangan luar negeri setiap hari. Semoga seiring berjalannya waktu dan apabila kondisi semakin baik, Air Asia dapat kembali beroperasi setiap hari.” Ujar Wahyudi selaku General Manager Bandara Sultan Hasanuddin, Kamis (28 April 2022).

Wahyudi menambahkan bahwa saat ini sedang mempersiapkan penerbangan umroh dengan berkoordinasi ke berbagai pihak.

Setelah mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Air Asia kembali terbang ke Kuala Lumpur pada pukul 10.55 Wita dengan membawa 66 penumpang.

Anchank

92 Views

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kapolri Minta Prokes Diperketat Jelang Libur Lebaran Wisatawan Mulai Padati Bali

Kam Apr 28 , 2022
RadarBuana.com | Bali – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Bali, Kamis (28/4/2022). Dalam peninjauannya, Kapolri menyebut arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk lebih banyak yang meninggalkan Pulau Bali menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. “Memang arus mudik di wilayah Gilimanuk ini lebih banyak yang meninggalkan […]

Sponsor