Bupati Pesibar Agus Istiqlal Canangkan BIAN Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2022

RadarBuana.com | Pesibar – Bupati Kabupaten Pesisir Barat Dr. Drs.Agus Istiqlal, S.H., M.H didampingi oleh Plt. Sekda Kabupaten Pesisir Barat Ir. Jalaludin., M.P menghadiri sekaligus mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2022 yang berlokasi di SDN 10 Rawas, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat.

Hadir dalam acara tersebut Kadis Kesehatan Tedi Zatmiko, S.Km., S.H., M.M., Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Edwin Kastolani Burtha, S.H., M.P., Plt KASAT Pol PP Cahyadi Muis, forkopimda Lampung Barat- Pesisir Barat, Perwakilan TP-PKK Pesisir Barat, Insan Pers serta tamu undangan.

Dalam sambutannya Bupati Pesisir Barat menyampaikan imunisasi merupakan sebuah upaya penting dalam program kesehatan masyarakat untuk mencegah penularan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) seperti campak, rubella, difteri, polio, dan sebagainya.

“Laporan dari kementerian kesehatan republik indonesia menemukan penurunan signifikan capaian imunisasi rutin dari 93% pada tahun 2019 menjadi 84.2% pada tahun 2020 dan 2021. Bulan Imunisasi Anak Nasional dilaksanakan dalam 2 tahap, tahap 1 untuk Provinsi diluar jawa-bali (termasuk Provinsi Lampung) yang di mulai pada bulan mei-juni 2022, dan tahap 2 untuk provinsi jawa-bali yang akan di laksanakan pada bulan agustus 2022 mendatang,” ungkapnya.

Bupati juga menegaskan sebagai salah satu kabupaten yang terlibat dalam pelaksanaan bulan imunisasi anak sekolah tahap 1,

“Lampung berkomitmen untuk mencapai target sebesar 95% sasaran mendapatkan imunisasi tambahan campak-rubela dan 80% sasaran mendapatkan imunisasi kejar opv, ipv, dan dpt-hb-hib. sebagai informasi, sasaran imunisasi campak-rubela di Kabupaten Pesisir Barat adalah anak berusia 9 bulan s.d <12 tahun yang diperkirakan sebanyak 29.581 jiwa,” terangnya.

Pemerintah disemua jenjang telah menyiapkan segala sumber daya yang diperlukan. Selanjutnya peran organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, tokoh agama, tokoh masyarakat serta peran aktif semua pihak sangat diharapkan dalam penggerakan masyarakat agar semua sekolah tk/ sd/ smp dan anak – anak yang berkebutuhan khusus/slb untuk mendapatkan Bulan Imunisasi Anak Nasional pada bulan mei – juni 2022.

Dikatakan Pencanangan ini merupakan bukti komitmen bahwa Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung siap mensukseskan program imunisasi di indonesia untuk menyelenggarakan Bulan Imunisasi Anak Nasional yang akan dilaksanakan mulai hari ini tanggal 25 mei 2022 di sekolah dan dilanjutkan sampai dengan tanggal 17 juni 2022 di posyandu atau fasilitas pos pelayanan kesehatan terdekat.

Mengakhiri sambutan, Bupati Pesisir Barat berpesan semoga Allah SWT meridhoi dan melindungi upaya kita dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat lampung terutama untuk anak-anak generasi penerus bangsa. Marilah kita sukseskan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional di Kabupaten Pesisir Barat ini dengan cakupan tinggi minimal 95% yang merata dan berkualitas.

Edi

45 Views

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

MOU Polda Jatim dengan Universitas Wijaya Kusuma dan Perum Perhutani Divre Jatim

Rab Mei 25 , 2022
RadarBuana.com | Surabaya – Penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Universitas Wijaya Kusuma (UWK) Surabaya dengan Polda Jatim, serta melakukan perjanjian kerjasama antara Perum Perhutani Regional Jatim dengan Polda Jatim, di Gedung Tribrata Mapolda Jatim, pada Rabu (25 /5/2022). Hal ini dilakukan sebagai strategi dalam menunjang pelaksanaan tugas pokok Polri. Acara […]

Sponsor