Perahu Terbalik Dilaut Lepas 12 Nelayan Kubutambahan Selamat 

RadarBuana.com | Singaraja -Warga Kubutambahan saat melaut Kamis (30/6/2022) mengalami laka laut diperairan Utara Kubutambahan, Buleleng.

Berawal dari informasi warga pesisir setempat Jumat (1/7/2022) perahu berlambung Sekar Wangi yang di tumpangi 10 awak saat melakukan penangkapan ikan ditengah laut akibat hantaman ombak hingga mengakibatkan sayap ( katir ) Jukung patah ,

Tim Basarnas Buleleng ,Pol Airud Polres Buleleng bersama masyarakat nelayan langsung melakukan pencarian sejak pagi hingga sore hari, dan secara keseluruhan terdapat 10 orang nelayan selamat berkat perahu tersebut tidak tenggelam ke dasar laut.

10 nelayan tersebut diantaranya Gede Seriasa,Made Budarana,Ngakan Nyoman Widi,Gede Budarana,Gede Tumpa Yana,Nyoman Sukada,Made Widiasa, Gede Sumenasa,vGede Sumadana, Komang Arta Wirawan, Pengakan Putu Redita,Ngakan Putu Baruada.

Sebelum 12 nelayan berangkat pada pukul 04.10 wita Kamis (30/6). untuk menangkap ikan membawa jaring perangkap dirumpon, belum sempat beraksi ditengah laut gelombang besar menghantam perahu tersebut hingga terbalik dan berupaya masing-masing menyelamatkan diri pada pukul 05.00 wita Jumat (1/7/2022)

Dalam waktu bersamaan, secara kebetulan ada juga kelompok nelayan lain yang hendak mencari ikan “ngebug rumpon”. Dengan diberi tanda/isyarat lampu senter tanda bahaya, isyarat dipahami dan perahu nelayan ini hendak mencari bantuan dengan mengarahkan perahunya untuk mencari sinyal menghubungi yang ada di darat.

Adanya laka laut, satu dari mereka berhasil berkomunikasi telepon Kadek Sriada, kemudian Kadek Sriada mencari ayahnya untuk menyampaikan informasi dan langsung meluncur ke laut dengan perahu.

Tim SAR dari Kantor Basarnas langsung bergerak melakukan pencarian.Tim Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Buleleng dengan menggunakan RIB 04 Buleleng berangkat dari pelabuhan Celukan Bawang menuju titik lokasi peristiwa kecelakaan laut itu terjadi bersama Pol Airud Polres Buleleng

Setelah melakukan penyisiran sekitar pukul 15.30 wita seluruh nelayan ditemukan dalam kondisi selamat.Begitu juga dengan perahu nelayan sudah berhasil dikembalikan pada posisinya.Koordinator Pos SAR Buleleng Dudi Librana Marjaya membenarkan peristiwa kecelakaan lau yang dialami nelayan Desa Kubutambahan berjarak 20 nautical mile dari pantai.

Dudi Librana ketua tim dilokasi mengutarakan Tim SAR berangkat dari Pelabuhan Celukan Bawang melakukan pencarian menggunakan 1 unit RIB 04 Buleleng.

“Tepat pada pukul 15.30 wita para nelayan tersebut dapat ditemukan dan perahunya dapat dikembalikan,” terang Dudi Librana seizin Kepala Kantor Basarnas Bali.

Dalam proses pencarian dan penyelamatan, Dudi Librana mengaku melibatkan sejumlah unsur selain Basarnas,Pol Airud Polres Buleleng, Damkar Buleleng,Potensi SAR Wanabayu dan nelayan sekitar.

“Belakangan ini cuaca kurang bersahabat, angin kencang dan gelombang cukup tinggi untuk itu kepada nelayan kami imbau untuk waspada dan berhati-hati jika sedang melaut dengan tetap mempehatikan perubuahan cuaca,” pungkasnya

ds

36 Views

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Peringati Bulan Bung Karno IV/2022 Warga Desa Selat bersama Koramil 1609-05/ Sukasada dan Polisi Bersihkan Areal Pura

Jum Jul 1 , 2022
RadarBuana.com | Singaraja– Pura Penegeh, Banjar dinas Bululada, Desa selat, Kecamatan Sukasada Buleleng dipenuhi warga Jumat 1 Juli 2022 pukul 07.00 wita dalam rangka gotong royong dan memperingati bulan Bung Karno IV tahun 2022. Kegiatan yang ditempatkan di Pura setempat dihadiri ratusan warga, Danramil diwakili Anggota ramil 1609-05/ Sukasada, Kapten […]

Sponsor