Kenaikan Pangkat Secara Istimewa, Jenderal TNI Kehormatan

Oleh : *Syamsul “Masdjo” Arifin

RadarBuana | Jakarta – Kenaikan pangkat secara istimewa merupakan penghargaan yang diberikan kepada individu atas jasa dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara. Pangkat Jenderal TNI Kehormatan merupakan pangkat tertinggi yang dapat diberikan kepada orang sipil. Pemberian pangkat ini memiliki hak dan kewajiban yang harus dipatuhi.

Kenaikan pangkat secara istimewa merupakan pemberian pangkat militer kehormatan kepada seseorang yang bukan anggota aktif Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pangkat ini diberikan atas jasa dan pengabdian luar biasa kepada bangsa dan negara, khususnya di bidang pertahanan dan keamanan.

Penerima Pangkat Jenderal TNI Kehormatan,H. Prabowo Subianto, Djojohadikusumo. Menteri Pertahanan Republik Indonesia saat ini. Pangkat ini diberikan pada tanggal 28 Februari 2024 atas jasa dan pengabdiannya dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara.

Pemberian pangkat Jenderal TNI Kehormatan diajukan oleh Panglima TNI kepada Presiden Republik Indonesia. Presiden kemudian akan mempertimbangkan usulan tersebut dan memberikan keputusan.

Pemberian pangkat Jenderal TNI Kehormatan kepada Prabowo Subianto menuai kontroversi. Beberapa pihak menilai bahwa Prabowo tidak memiliki cukup jasa dan pengabdian untuk menerima pangkat tersebut. Selain itu, pemberian pangkat ini dianggap sebagai bentuk politisasi TNI.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, layak mendapatkan jenderal kehormatan dari Presiden Joko Widodo.

Menhan Prabowo Subianto bukanlah orang baru dalam pertahanan Indonesia, banyak prestasi yang ditorehkan saat menjadi prajurit TNI hingga Menteri Pertahanan RI, karena itu Prabowo layak mendapatkan jenderal kehormatan dari Presiden Joko Widodo.

penganugerahan jenderal kehormatan kepada Menhan Prabowo sudah menjadi wacana, sejak dia diangkat menjadi Menhan di tahun 2019.
Sudah melalui proses yang panjang.

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Genjot Peningkatan Kemampuan Kehumasan, Humas Polri Gelar Sertifikasi Tingkat Pama

Kam Feb 29 , 2024
RadarBuana | Jakarta –  Pelatihan dan Uji Pengetahuan Umum Kehumasan untuk tingkat Pama Divisi Humas Polri resmi dibuka. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari pelatihan kompetensi yang sebelumnya dilakukan. Penata Kehumasan Utama Tk.II Divhumas Polri Brigjen. Pol. I Komang Sandi Arsana S.I.K.,M.H menyatakan, sertifikasi ini menjadi awal mula untuk selanjutnya […]

Sponsor