Warga Desa Limappoccoe Kecamatan Cenrana Kab.Maros, Nikmati BLT Sebelum Hari Raya Idul Fitri.1441 H

Maros, Radarbuana.com- Upaya pemulihan ekonomi masyarakat terdampak covid-19, sebanyak 241 KK terbagi beberapa dusun, warga Desa Limappoccoe,  Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros menerima  Bantuan Lansung Tunai (BLT) Dana Desa, hari ini Kamis (21/5/2020). bertempat di kantor desa Limappoccoe.

Acara penyerahan bantuan BLT tahap pertama ini dihadiri unsur Forkopimcam Cenrana, juga dihadiri Ketua Komisi 1 DPRD Maros, Drs.H.Abidin Said.

Kades Limappoccoe H.Andi Abu Bakri memgatakan, penyaluran bantuan BLT di desanya memang ada sedikit keterlambatan dibanding desa lain. Hal itu diakibatkan beberapa faktor, baik secara admistrasi maupun tehnis pendataan bagi warga calon penerima. “Kami dahulukan bantuan dari kementrian Sosial,” ujarnya.

Sementara itu Abidin Said sangat salut dengan kinerja Pemerintah Kecamatan bersama seluruh kepala desanya dalam penanganan dampak wabah corona virus ini, termasuk penyaluran BLT. Menurutnya kekompakan semua unsur terkait sangat bagus, ini harus dipertahankan.

“Saya lahir dan besar di kampung ini, jadi saya tahu betul warga disini yang mayoritas keluarga besar saya. Sejak beberapa hari terakhir ini saya memantau penyaluran BLT di daerah ini semuanya berjalan dengan baik,” ungkap Abidin Said, yang juga Ketua Komunitas Denthon Kecamatan Cenrana.

Andi Abu Bakri juga menjelaskan, BST dari Kementrian tidak bisa mengakomodir semua warga, hanya beberapa saja yang muncul datanya, sehingga banyak warga yang layak dapat bantuan tidak terakomodir. “Warga inilah yang kami data sebagai calon penerima BLT Dana Desa (DD),” sebutnya.

Kendati demikian, lanjut Andi Abu, prosedur tetap mengacu pada juknis yang dipersyaratkan oleh pemerintah pusat. Kami instruksikam para kepala dusun agar tetap selektif dan obyektif dalam mendata warga. Jangan sampai ada yang doble (dua kali, red) menerima bantuan.

“Kalau berbicara terdampak, kami menilai semua terdampak, tapi ada yang memang harus dibantuuntuk memulihkan roda perekonomian merekam,” tandasnya.

Terkait bagi warga yang belum masuk kreteria untuk didata sebagai penerima BLT, kata Kades harap bersabar. “Kalau saya sebagai kepala desa maunya semua dapat, tapi ada  beberapa kreteria sebagai pedoman pendataan. Dan keterbatasan anggaran, sehingga tidak bisa semua terakomodir,” jelasnya.

“Saya juga berharap bagi warga penerima supaya membelanjakan uangnya secara selektif, belanja saja sesuai kebutuhan, supaya dananya bisa sampai pada penerimaan tahap berikutnya. Syukur dana BLT ini bisa cair sebelum hari raya Idhul Fitri, dimana masyarakat memang sangat butuh belanja untuk biaya hari raya Idhul Fitri,” pungkas Andi Abu Bakri,  Kades Limappoccoe. Herman

adminradar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KSBB, Wagub DKI Jakarta Berikan Paket Sembako di Jaktim

Kam Mei 21 , 2020
Jakarta, Radarbuana.com – Wakil Gubernur  (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memberikan bantuan sosial (Bansos), berupa paket sembako bagi warga di Jakarta Timur, Kamis (21/5/2020). Tercatat ada paket bansos siap dibagikan kepada 500 KK (Kepala Keluarga) di Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung dan Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung.⁣ Turu hadir […]

Sponsor